Yamaha Memperkenalkan Robot Humanoid Pengendara Sepeda Motor YZF-R1M

Motobot
Dunia robot memang tidak ada habisnya, belakangan ini Yamaha baru saja memperkenalkan robot humanoid pengendara sepeda motor di Tokyo Motor Show. Apakah kira-kira tujuannya untuk mengalahkan juara dunia MotoGP Valentino Rossi? Yamaha mengatakan bahwa Motobot telah dirancang dengan mendekati gaya berkendara manusia tanpa perlu modifikasi pada sepeda motor.


Dengan keunggulan dalam spesialisasi robotika, tujuan akhir dari Motobot adalah “menjadikannya mampu bersaing dengan Valentino Rossi di sepanjng arena balap”.

Proses teknologi yang dikembangkan natinya akan digunakan dalam pengujian dan pengembangan produk masa depan. Yang meliputi penciptaan keamanan dan performa sepeda motor yang lebih baik serta perkembangan robot otonomos masa depan lainnya.

Gaya Motobot menunggang Yamaha YZF-R1M guna melibas jalan lurus menciptakan sebuah pemandangan yang mengesankan. Bentuknya sebagai humanoid memberi kesan dapat berakselerasi dan menyesuaikan posisinya di trek merupakan cara yang sangat luar biasa.

Motobot memiliki enam aktuator untuk kemudi, throttle, rem depan, rem belakang, kopling dan pedal perpindahan gigi. Semuanya bereaksi terhadap data yang berasal dari sensor internal motor, termasuk kecepatan, dan RPM mesin. Dengan itu Motobot mengendalikan sepeda motor dan bereaksi terhadap kondisi di trek.

Yamaha mengatakan, bahwa di masa akan datang mereka akan menggabungkan sensor tambahan termasuk high-precision GPS, serta menambahkan kemampuan menganalisa mesin yang memungkinkan Motobot untuk “membuat keputusan mengenai garis terbaik sepanjang trek dan batas-batas kinerja sepeda motor, sehingga dapat memperkecil waktu putaran trek secara berturut-turut. “

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *