Teknologi Mesin Injeksi Air WaterBoost – Menghemat Bahan Bakar dan Emisi Gas Karbon

WaterBoost
Dalam teknologi otomotif kita sudah biasa mendengar istilah Full Injection (FI), bahkan saat ini hampir semua mesin motor terbaru roda dua yang di produksi di Indonesia mengadopsi sistem Full Injection. Namun berbeda dengan di Jerman; Bosch, sebuah pengembang otomotif yang berpusat di Jerman telah mengembangkan teknologi yang dinamakan dengan WaterBoost. WaterBoost adalah teknologi mesin berinjeksi air yang berfungsi untuk menghemat bahan bakar dan emisi gas karbon.



Sistem WaterBoost Bosch diciptakan untuk meningkatkan performa mesin, di mana air disuntikkan guna mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 13 persen. Rasio kompresi yang lebih tinggi di dalam mesin juga dapat membantu pada pengurangan karbon hingga empat persen. WaterBoost akan digunakan pada mesin berbahan bakar bensin sekaligus juga dapat dikombinasikan dengan teknologi Turbocharged yang akan membuat mesin mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Bagaimana cara kerja WaterBoost? Bosch mengatakan bahwa sebelum bahan bakar (bensin) terbakar dalam ruang pembakaran, kabut halus air akan disuntikkan ke dalam saluran Intake mesin oleh sistem Injeksi WaterBoost. Air dengan suhu tinggi menguap dan membuang panas mesin, sehingga suhu ruang bakar menjadi lebih stabil dan membuat pembakaran menjadi lebih efektif. Dari sinilah WaterBoost di klaim mampu menghemat bahan bakar mesin dan emisi gas karbon yang lebih rendah.
Sistem injeksi WaterBoost hanya membutuhkan sedikit air yang akan disimpan pada onboard. Tangki air harus diisi ulang setiap 3.000 kilometer (1.864 mil). Jika pengemudi lupa mengisi ulang tangki WaterBoost, tidak masalah. WaterBoost akan berhenti bekerja dan mesin tetap akan berjalan lancar, hanya saja terjadi perbedaan pada performa dan emisi gas yang dikeluarkan.

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *