Smadav 2014 Rev 9.7 Memakan Terlalu Banyak Resource CPU?

Smadav Anti Virus Lokal Indonesia
Tanggal 14 Maret 2014 lalu Smadav merilis versi terbarunya “Final Release” yaitu Smadav 2014 Rev 9.7. Ada perbaikan beberapa bug yang dilakukan diantaranya : Penambahan database 161 virus, Penyempurnaan proses update Smadav Pro, Penambahan teknik penyaringan program pada USB dan Pembersihan khusus untuk USB terinfeksi virus Ramnit.



Namun ada keluhan dari sebagian usernya, termasuk dari beberapa diantaranya adalah sobat LinTekSi bahwa Smadav yang terbaru ini memakan terlalu banyak resource CPU yakni mencapai rentang rata-rata antara 7-10%. Padahal normalnya sebuah program menggunakan resource CPU rentang antara 1-4%, kecuali game yang kadang-kadang bisa kita jumpai mencapai rentang 25%.

Smadav Resource Memory
Sehubungan dengan permasalahan ini Admin mencoba Googling ke berbagai situs namun belum mendapat pencerahan yang mendetil tentang penyebab dan solusi penyelesaiannya, termasuk Admin coba telusur ke Forum Smadav disana juga tidak mendapatkannya. Bahkan ada pertanyaan dari seorang Smadaver menyangkut dengan masalah ini belum mendapat respon dari Admin Smadaver. Berikut link pertanyaannya di Forum Smadaver. [link]

Lebih lanjut Admin mencoba bereksperimen mencari tau mengenai penyebabnya ini, Admin mendapatkan sepertinya bug ini disebabkan oleh fitur RealTime Protection Smadav. Karena ketika fitur RealTime Protection diaktifkan secara drastis penggunaan resource CPU-nya langsung meningkat tajam menjadi 7-10%, padahal sebelumnya hanya 1-2%. Solusinya bagi Anda pecinta Smadav adalah jika tetap ingin menggunakan Smadav adalah dengan meng-disable fitur ini melalui klik kanan pada tray icon Smadav kemudian pilih Disble Protection. Sehingga icon Smadav yang awalnya berwarna hijau kemudian akan berubah menjadi warna kuning. Hanya demikian solusi yang dapat Admin berikan, sambil berharap ada respon dari Smadav untuk segera memperbaiki Bug ini. We hope.

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

3 comments

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing 🙂

  2. untung ane pakek yang versi 9.6
    jadi masih enteng….
    thx infonnya
    klu gak ada info ini gue bakalan update ke 9.7
    sekarang dah aku batalin…. 😀

  3. Sama2 gan… Update'y pas rilis versi 9.8 aja ntar.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *