Perlukah Mencabut Charger Setelah Selesai Mengecas Smartphone?

charger-smartphone
Mencabut charger setelah selesai mengecas smartphone adalah hal yang sering terabaikan. Apalagi dalam keadaan terburu-buru sering kali kita meninggalkan charger dalam keadaan masih tertancap pada stop kontak. Sebenarnya perlukah kita mencabut charger setelah selesai mengecas smartphone? Adakah kebiasaan ini berpengaruh pada tagihan listrik kita?

Sebelum LinTekSi menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita menyimak percobaan yang dilakukan oleh Adrian Kingsley-Hughes yang hasilnya dimuat dalam artikel di situs ZDNET.com. Hughes mengambil sebuah charger iPhone yang kemudian di tancapkan pada stop kontak tanpa menyambungkannya ke smartphone, dengan menggunakan meteran listrik dia mulai mengukur daya yang di konsumsi oleh charger tersebut.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukannya, di dapatkan kesimpulan bahwa charger yang ditancapkan tersebut mengkonsumsi daya sebesar 130 Watt perbulan, atau setara dengan 1,5 kWh pertahun. Padahal charger tersebut tidak digunakan untuk mengecas smartphone.

Jika tarif listrik PLN dihitung Rp. 1.459 per kWh, maka biaya yang harus ditanggungkan selama setahun pada charger tersebut adalah sebesar 1,5 kWh x Rp. 1.459/kWh = Rp. 2.323,5 pertahun. Bahkan menurut hasil uji cobanya, charger non-original mengkonsumsi daya listrik 10x lebih banyak di bandingkan charger original.

Bila hanya 1 charger, tidak besar memang biaya yang harus ditanggung. Namun bagaimana jika sampai 5 charger sekaligus? Kalikan saja Rp. 2.323,5 dengan angka 5. Mulai terlihat angkanya bukan? Itu belum lagi jika di hitung dalam area jangkauan yang lebih luas. Bayangkan saja misalnya ada 1.000 orang diseluruh Indonesia yang meninggalkan charger dalam keadaan masih tertancap pada stop kontak. Berapa banyak sudah energi yang terbuang sia-sia?

Dari segi keamanan, mencabut charger setelah selesai mengecas juga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya arus pendek yang dapat membawa kita pada musibah kebakaran dan lain sebagainya. Jadi menurut LinTekSi, mencabut charger setelah selesai mengecas adalah sangat penting dilakukan. Mari Hemat Energi dan Selamatkan Bumi Kita.

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *