Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab Pada Perangkat Android

google-keyboard
Google Keyboard sangat membantu kita dalam hal mengetik pada perangkat Android, dimana menjadi lebih mudah dan cepat dengan gerakan dan suara. Fitur Gesture Typing memungkinkan Anda menggerakkan jemari melewati huruf-huruf untuk menyelesaikan sebuah kata tanpa memerlukan spasi. Anda juga dapat mengekspresikan diri dengan berbagai macam emoji yang tersedia. Soal kompatiblenya, Google Keyboard diklaim dapat bekerja pada semua perangkat Android.

Selain Gesture Typing  ada beberapa fitur utama yang dimiliki Google Keyboard, diantaranya :
  1. Voice Typing: Sentuh mikrofon untuk mendikte teks.
  2. Koreksi kata otomatis dan teks prediksi.
  3. Emoji: Tekan dan tahan Enter untuk menambahkan emoji di aplikasi apapun (Khusus Android 4.4+)
  4. Sinkronisasi riwayat pengguna di seluruh perangkat. Untuk mengaktifkan Sinkronisasi Keyboard, dapat diaktifkan melalui menu: Settings > Language & input > Google Keyboard > Accounts & Privacy > Google Sync Keyboard.
Sedangkan untuk fitur Gesture Typing saat ini sudah mendukung bahasa Inggris, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Finlandia, Perancis, Jerman (Jerman dan Swiss), Yunani, Ibrani, Italia, Latvia, Lithuania, Norwegia, Polandia, Portugis (Brasil dan Portugal), Rumania, Rusia, Serbia, Slovenia, Spanyol, Swedia dan Turki.

Selain Inggris, terdapat juga layout keyboard tambahan untuk bahasa Afrika, Arab, Armenia, Azerbaijan, Basque (Spanyol), Belarusia, Bengali (Bangladesh), Bengali (India), Bulgaria, Bulgaria (BDS), Catalan, Esperanto, Estonia, Galicia (Spanyol), Georgia, Hindi (*), Hungaria, Islandia, Indonesia, Kannada, Kazakh, Khmer (Kamboja), Kyrgyz, Lao, Macedonia, Melayu, Malayalam, Marathi, Mongolia, Nepal, Persia, Serbia (Latinica), Slovakia, Swahili, Tagalog, Tamil (India dan Singapura) , Telagu, Thailand, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam, Zulu.


Nah, setelah sedikit review tentang Google Keyboard, sekarang barulah saatnya LinTekSi akan membahas tentang bagaimana cara mengaktifkan keyboard bahasa arab pada Google Keyboard perangkat android.

Caranya tap menu Settings > Language & input > Google Keyboard. Pada bagian Keyboard & Input Methods, tap tanda slide yang ada pada bagian Google Keyboard.

mengaktifkan-keyboard-bahasa-arab
Kemudian tap menu Languages, pada bagian Active Input Methods, centang menu Arabic untuk mengaktifkan keyboard bahasa arab. Sekarang keyboard bahasa arab Anda telah aktif.
google-keyboard

mengaktifkan-keyboard-bahasa-arab
Untuk mengganti bahasa disaat Anda sedang mengetik, dapat dilakukan dengan menekan tombol yang terletak disamping tombol spasi.

mengaktifkan-keyboard-bahasa-arab

Hanya sekian. Semoga bermanfaat.

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *