Memaksimalkan Kinerja Komputer

memaksimalkan_kinerja_komputer
Ketika kita membeli sebuah PC/Laptop/Notebook dalam kondisi baru, tentu saja kinerjanya masih dalam keadaan Top Performance. Namun, selang beberapa lama setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu mungkin komputer anda kinerjanya mulai terasa melambat. Hal bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor; dipandang dari segi hardware mungkin penyebabnya bisa dipengaruhi oleh kondisi memori Hardisk, RAM dan Processor.

Disisi lain jika dipandang dari segi software; ada berbagai kemungkinan yang diantaranya seperti Windows anda pernah kebobolan virus, meningkatnya Junk Files pada Hardisk, terjadi error pada Registry Windows, dan lain-lain. Untuk itu pada Kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa tips dan informasi tentang cara memaksimalkan kinerja Windows anda. Berikut penjelasan selengkapnya:
  1. Bersihkan Icon Destop anda dari shortcut program yang jarang kita gunakan. Caranya klik kanan pada Layar Desktop, sorot mouse ke menu Arrange Icons By, kemudian pilih Run Desktop Cleanup Wizard dan ikuti petunjuk selanjutnya yang ditampilkan Windows.
  2. Bersihkan Registry anda dari error dengan menggunakan Cleaner Software. Untuk menghemat biaya anda bisa memanfaatkan software gratis seperti CCleaner, COMODO System Cleaner, WinUtilities Free dan lain-lain.
  3. Nonaktifkan beberapa Startup Program. Startup Program adalah program yang diload otomatis pada saat Windows anda dihidupkan. Untuk mengelola startup program ini bisa digunakan software gratis CCleaner. Menunya terletak pada tombol Tools/Startup. Untuk menonaktifkan program yang anda inginkan, klik pada nama program tersebut dan klik tombol Disable yang ada disebelah kiri layar. Attention! Hati-hati dalam menonaktifkan program startup, karena ada beberapa program yang bekerja bersamaan dengan Windows yang mana bila program ini dinonaktifkan malah berakibat fatal pada Windows anda. Untuk menghindari hal ini perhatikan pada kolom keterangan File. Bila sumber Program berasal dari Windows ditandai dengan tulisan C:Windows, sedangkan program yang tidak bersumber dari Windows biasanya ditandai dengan C:Program Files. Maka apabila program tersebut bersumber dari C:Windows sebaiknya jangan mengkutak-katik program tersebut.
  4. Gunakan dan update Antivirus serta Antimalware secara berkala minimal seminggu sekali. Hal ini untuk mencegah Windows Anda dari kebobolan virus. Untuk Mengupdate Antivirus anda Klik Disini.
  5. Defrag Hardisk anda minimal seminggu sekali. Hal ini untuk mengatur posisi file pada hardisk sehingga hardisk bisa bekerja secara maksimal dan mengurangi kemungkinan kerusakan hardsik anda. Untuk ini anda bisa menggunakan software bawaan Windows Disk Defragmenter atau software gratis seperti Defraggler dan Smart Defrag.

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *