Cara Menghapus Dan Membersihkan Semua Restore Point Pada Windows 7

Menghapus Restore Point Windows 7
Sistem Restore yang tersedia pada Windows 7 memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan file sistem komputer ke kondisi awal tertentu. Itu adalah salah satu cara untuk mengembalikan perubahan sistem terhadap komputer Anda tanpa mempengaruhi file pribadi Anda, seperti email, photo dan dokumen. Kadang-kadang, penginstalan sebuah program ataupun driver dapat menyebabkan perubahan dan reaksi yang tidak diinginkan pada Windows Anda.


Biasanya dengan menguninstal program atau driver tersebut masalah bisa terselesaikan. Namun jika langkah uninstal tidak dapat menyelesaikannya, Anda dapat mencoba mengembalikan system komputer Anda ke keadaan tanggal sebelumnya dimana komputernya masih berjalan dengan baik. Sistem restore menggunakan fitur yang dinamakan dengan System Protection yang secara berkala dibuat dan disimpan secara otomatis di dalam komputer Anda yang dinamakan dengan Restore Points.


Ketika Restore Points disimpan di komputer Anda tentu ia akan membutuhkan ruang hardisk yang tidak sedikit, bahkan bisa mencapai ukuran Gigabyte tang jika dibiarkan tersimpan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu kita perlu mengeceknya secara rutin dan menghapusnya jika Restore Poinntya sudah tidak diperlukan. Berikut ini Admin akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menghapus Restore Point pada Windows 7. Mari kita simak langkah-langkah berikut ini:

Menghapus Restore Point Windows 7
Caranya, klik kanan pada icon Computer pada Desktop Anda kemudian pilih Properties.

Menghapus Restore Point Windows 7
Setelah tab baru terbuka pilih menu System protection.

Menghapus Restore Point Windows 7
Pada kolom Protection Settings akan terlihat partisi disk drive komputer Anda, mulai dari C:/, D:/, E:/ dst tergantung jumlah partisi yang ANda miliki. Restore Points tersimpan pada setiap partisi disk drive komputer Anda, kecuali System Protectionnya telah dimatikan seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas. Pada partisi Master (E:) tidak akan tersimpan Restore Points karena System Protectionnya telah dimatikan yang ditunjukkan dengan keterangan tulisan Off disampingnya. Disini kita akan menghapus Restore Points yang ada dalam partisi System, caranya klik pada partisi System kemudian klik tombol Configure.

Menghapus Restore Point Windows 7

Pada kolom Current Usage ditunjukkan bahwa jumlah Restore Points  yang tersimpan adalah 7,08MB, untuk menghapusnya klik tombol Delete.

Menghapus Restore Point Windows 7
Klik Continue.

Menghapus Restore Point Windows 7

Klik Close. Selesai.
Sekarang Anda bisa mengulangi langkah diatas untuk menghapus Restore Points pada partisi-partisi yang lain. Selamat mencoba.

About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

One comment

  1. thanks min,akhirnya hardisk ane banyak ruang nie.tapi efek sampingnya apaya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *