Cara Membuat Restore Point Pada Windows XP, Vista dan 7

Restore Point Pada Windows XP, Vista dan 7
Pada dasarnya fungsi restore point pada Windows hampir serupa dengan menu Undo pada Microsoft Office Word, dimana jika setelah kita melakukan pengeditan ataupun perubahan pada dokumen namun hasilnya tidak sempurna kita bisa menggunakan menu Undo untuk mengembalikan dokumen tersebut ke keadaan semula seperti sebelum kita mengeditnya. Tetapi pada restore point tidak menggunakan menu Undo, melainkan diganti dengan menu Restore (mengembalikan). Pada posting sebelumnya LinTekSi sudah pernah membahas tentang cara menghapus restore point.


Namun karena ada beberapa permintaan dari teman-teman maka pada kesempatan ini LinTekSi akan mereview kembali tentang cara membuat restore point dan cara mengembalikan sistem komputer ke restore point yang telah kita buat. Baiklah, langsung saja pada bagian yang pertama kita akan menyimak terlebih dahulu langkah membuat restore point pada Windows XP. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Start Menu pada pojok kiri bawah layar Windows.
  2. Pilih All Program.
  3. Pilih Accessories.
  4. Pilih System Tool.
  5. Klik System Restore.
  6. Klik Restore Point dan kemudian klik Next.
  7. Ketik nama restore point yang akan Anda buat kemudian klik Create.
Untuk mengembalikan komputer Anda ke restore point yang telah Anda buat tadi pilih System Restore Wizard, pilih Restore my computer to an earlier time, kemudian pada tampilan Select a Restore Point pilih restore point yang telah Anda buat. Semua daftar dan nama restore point tersebut diurutkan berdasarkan tanggal Anda membuatnya.




Sedangkan pada Windows 7 dan Vista memiliki cara yang sama untuk pembuatan restore point. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Start
  2. Klik Control Panel
  3. Windows 7 : Klik System and Security kemudian klik System; Windows Vista : Klik System and Maintenance kemudian klik System atau Simply System (pada tampilan Classic view).
  4. Pada bagian jendela Windows sebelah kiri klik System Protection
  5. Pada tab System Protection klik Create
  6. Ketik nama restore point yang akan Anda buat kemudian klik Create. Tunggu hingga prosesnya selesai dan jika restore pointnya telah berhasil dibuat maka akan tampil kotak dialog pemberitahuan yang bertuliskan The restore point was created succesfully kemudian klik Close.
Untuk mengembalikan komputer Anda ke restore point yang telah Anda buat tadi, pilih System Restore pada tab System Protection (langkah ke-5 seperti diatas). Selanjutnya pilih Choose a different restore point dan klik Next. Kemudian pilih tanggal dan nama restore point yang telah Anda buat dan klik Next. Sebagai langkah akhir klik Finish.
Setelah Anda menyelesaikan semua langkah diatas (baik XP, Vista atau pun 7), restart terlebih dahulu komputer Anda. Agar efek perubahannya terlihat.


About Bismillah01

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *