Aplikasi Root Android: Cara Meningkatkan Performa Smartphone Anda

Aplikasi Root Android: Cara Meningkatkan Performa Smartphone Anda

Halo Bestie, apakah kamu sudah familiar dengan istilah root android? Jika belum, artikel ini sangat cocok untukmu.

Root android adalah proses membuka sistem operasi android pada smartphone kamu sehingga kamu bisa memodifikasi smartphone kamu sesuai dengan keinginanmu.

Salah satu cara untuk memodifikasi smartphone kamu adalah dengan menginstal aplikasi root android.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai aplikasi root android yang bisa membantu meningkatkan performa smartphone kamu.

Apa itu Aplikasi Root Android?

Aplikasi root android adalah aplikasi yang bisa membantu kamu memaksimalkan potensi smartphone kamu.

Aplikasi ini akan memberikan akses penuh untuk mengubah sistem operasi pada smartphone kamu sehingga kamu bisa memodifikasi tampilan, meningkatkan performa, dan menginstal aplikasi yang tidak bisa diinstal pada smartphone biasa.

Beberapa aplikasi root android yang populer di antaranya adalah SuperSU, KingRoot, dan Magisk.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Root Android

Menggunakan aplikasi root android membawa banyak keuntungan bagi penggunanya.

Pertama, kamu bisa memodifikasi tampilan smartphone kamu sesuai dengan keinginanmu.

Kedua, kamu bisa meningkatkan performa smartphone kamu dengan menghapus aplikasi yang tidak penting atau mengubah pengaturan sistem.

Ketiga, kamu bisa menginstal aplikasi yang tidak bisa diinstal pada smartphone biasa seperti aplikasi penghemat baterai atau aplikasi perekam layar.

Daftar Aplikasi Root Android

Berikut adalah daftar aplikasi root android yang bisa membantu kamu memaksimalkan potensi smartphone kamu:

Nama Aplikasi Fungsi
SuperSU Aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengatur hak akses root pada smartphone kamu
KingRoot Aplikasi yang bisa membantu kamu melakukan root pada smartphone kamu dengan mudah dan cepat
Magisk Aplikasi yang bisa membantu kamu melakukan root pada smartphone kamu dengan lebih aman dan stabil
Lucky Patcher Aplikasi yang bisa membantu kamu memodifikasi aplikasi dan game di smartphone kamu
Xposed Framework Aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memodifikasi sistem operasi pada smartphone kamu

1.SuperSU

SuperSU adalah sebuah aplikasi manajemen hak akses root yang dirancang untuk perangkat Android.

Hak akses root memberikan pengguna kebebasan dan kontrol yang lebih besar atas perangkat mereka, memungkinkan mereka untuk mengakses dan mengubah sistem inti perangkat Android yang biasanya tidak dapat diakses oleh pengguna biasa.

Dengan menggunakan SuperSU, pengguna dapat mengelola izin root dengan lebih baik dan memutuskan aplikasi mana yang dapat mengakses hak akses tersebut.

Cara Menggunakan SuperSU:

  1. Instalasi: Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi SuperSU dari Play Store atau sumber lain yang terpercaya. Setelah diinstal, Anda perlu memberikan izin root ke aplikasi tersebut.
  2. Mengelola Izin: Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang memiliki akses root. Anda dapat memberikan atau mencabut izin root pada aplikasi tertentu sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat menggunakan hak akses root.
  3. Logging dan Notifikasi: SuperSU juga menyediakan log aktivitas yang memungkinkan Anda melihat aplikasi mana yang menggunakan akses root dan kapan mereka melakukannya. Aplikasi ini juga memberikan notifikasi saat ada permintaan izin root dari aplikasi yang belum Anda tentukan sebelumnya.

Fitur SuperSU:

  1. Manajemen Izin Root: SuperSU memungkinkan pengguna untuk mengelola izin root dengan memberikan atau mencabut izin pada aplikasi tertentu.
  2. Logging Aktivitas: Aplikasi ini menyediakan log aktivitas yang mencatat penggunaan hak akses root oleh aplikasi-aplikasi tertentu pada perangkat.
  3. Notifikasi: SuperSU memberikan notifikasi saat ada permintaan izin root baru yang diajukan oleh aplikasi yang belum terdaftar sebelumnya.
  4. Pengaturan Pilihan: Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur preferensi seperti pengaturan log, notifikasi, serta mengubah konfigurasi aplikasi sesuai kebutuhan.

Keunggulan SuperSU:

  1. Kontrol yang Lebih Baik: SuperSU memberikan pengguna kontrol yang lebih baik atas hak akses root, memungkinkan mereka untuk memutuskan aplikasi mana yang memiliki akses tersebut.
  2. Keamanan: Dengan fitur logging dan notifikasi, SuperSU memungkinkan pengguna untuk memantau penggunaan hak akses root oleh aplikasi, sehingga dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau tidak diinginkan.
  3. Kompatibilitas: SuperSU kompatibel dengan berbagai perangkat Android dan berbagai versi sistem operasi Android.

Perlu diketahui bahwa SuperSU saat ini tidak lagi dikembangkan atau diperbarui secara aktif oleh pengembangnya, dan penggunaan alternatif seperti Magisk atau Superuser juga dapat dipertimbangkan sebagai pengganti.

2. KingRoot

KingRoot adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses rooting pada perangkat Android.

Rooting adalah proses untuk memperoleh akses penuh (hak akses administrator) ke sistem operasi Android, sehingga pengguna dapat mengontrol perangkat dengan lebih bebas.

Menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan, menginstal versi Android yang dimodifikasi, dan menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan akses root.

Cara menggunakannya:

  1. Unduh dan instal KingRoot dari sumber yang terpercaya.
  2. Aktifkan “Unknown Sources” atau “Sumber Tidak Dikenal” di pengaturan perangkat Android Anda untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.
  3. Buka aplikasi KingRoot dan ketuk tombol “Root” atau “Mulai Root” yang tersedia di antarmuka pengguna.
  4. Tunggu beberapa saat sambil aplikasi KingRoot melakukan proses rooting. Perangkat Anda akan me-restart beberapa kali selama proses ini.
  5. Setelah proses selesai, Anda akan melihat status “Rooted” atau “Berhasil” yang menunjukkan bahwa perangkat Anda telah di-root.

Fitur KingRoot:

  1. Rooting One-Click: KingRoot menyediakan metode rooting yang mudah dan cepat dengan hanya satu kali ketukan pada tombol “Root”.
  2. Mendukung Banyak Perangkat: KingRoot dapat digunakan untuk melakukan rooting pada berbagai model dan merek perangkat Android.
  3. Manajemen Root: Setelah perangkat di-root, KingRoot juga menyediakan fitur manajemen root yang memungkinkan pengguna untuk mengelola aplikasi yang membutuhkan akses root.
  4. Hapus Aplikasi Bawaan: KingRoot memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan pada perangkat Android mereka setelah melakukan rooting.
  5. Percepatan Perangkat: KingRoot juga memiliki fitur untuk mempercepat kinerja perangkat dengan mengoptimalkan penggunaan CPU dan memori.

Keunggulan KingRoot:

  1. Mudah Digunakan: KingRoot menawarkan proses rooting yang sederhana dengan hanya satu kali ketukan pada tombol “Root”, yang memudahkan pengguna pemula.
  2. Dukungan yang Luas: Aplikasi ini kompatibel dengan banyak model perangkat Android dari berbagai merek, sehingga dapat digunakan oleh pengguna dengan berbagai jenis perangkat.
  3. Tanpa Komputer: KingRoot dapat digunakan langsung pada perangkat Android tanpa perlu koneksi ke komputer, membuatnya lebih mudah dan cepat.
  4. Aplikasi Gratis: KingRoot dapat diunduh dan digunakan secara gratis tanpa biaya tambahan.

Namun, penting untuk diingat bahwa melakukan rooting dapat membatalkan garansi pabrik perangkat Android Anda, dan ada risiko keamanan yang terkait dengan membuka akses penuh ke sistem operasi. Selalu berhati-hati dan pahami konsekuensi sebelum melakukan rooting pada perangkat Anda.

3. Magisk

Magisk adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk melakukan proses rooting atau membuka akses ke sistem Android.

Rooting memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol aspek-aspek yang lebih dalam dari sistem operasi Android yang biasanya tidak dapat diakses oleh pengguna biasa.

Magisk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses root dengan memodifikasi sistem Android tanpa menyentuh partisi sistem, sehingga membuatnya lebih aman dan dapat mempertahankan akses ke berbagai aplikasi yang mengharuskan perangkat tidak di-root.

Cara menggunakannya:

  1. Unduh Magisk Manager APK dari situs resmi atau forum pengembang.
  2. Instal Magisk Manager di perangkat Android.
  3. Buka Magisk Manager dan ikuti petunjuknya untuk menginstal Magisk melalui metode yang sesuai dengan perangkat Anda (biasanya memerlukan pemulihan kustom seperti TWRP).
  4. Setelah terinstal, Magisk Manager akan membantu Anda mengelola modul yang kompatibel dengan Magisk serta mengatur akses root pada perangkat.

Fitur Magisk:

  1. Mengelola Modul: Magisk memungkinkan pengguna untuk menginstal dan mengelola modul-modul yang dikembangkan oleh komunitas pengguna. Modul-modul ini dapat menambahkan fitur, mengubah tampilan, atau memperbaiki masalah di perangkat Android.
  2. Bypass SafetyNet: SafetyNet adalah mekanisme keamanan yang digunakan oleh beberapa aplikasi, seperti perbankan atau layanan keamanan tinggi, untuk memverifikasi integritas perangkat. Magisk dapat membantu pengguna melewati pemeriksaan SafetyNet, sehingga aplikasi-aplikasi tersebut tetap dapat berjalan pada perangkat yang di-root.
  3. Hide Root: Beberapa aplikasi mungkin mendeteksi akses root pada perangkat dan menolak berfungsi. Magisk dapat menyembunyikan akses root dari aplikasi-aplikasi ini, memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut tanpa masalah.
  4. Systemless Interface: Magisk menggunakan metode “systemless” yang memungkinkan modifikasi sistem tanpa menyentuh partisi sistem. Ini memudahkan pengguna untuk mempertahankan akses root sambil tetap menjaga integritas sistem.

Keunggulan Magisk:

  1. Universal: Magisk kompatibel dengan berbagai perangkat Android dan versi sistem operasi Android.
  2. Keamanan: Magisk tidak merusak partisi sistem, sehingga membuatnya lebih aman dan mengurangi risiko kerusakan perangkat.
  3. Kustomisasi: Modul-modul Magisk memberikan fleksibilitas dan kemampuan kustomisasi yang luas untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  4. Update OTAs: Magisk memungkinkan pengguna menerima pembaruan OTA (over-the-air) pada perangkat yang di-root, tanpa kehilangan akses root atau memerlukan re-rooting.

4. Lucky Patcher

Lucky Patcher adalah sebuah aplikasi yang populer di kalangan pengguna Android. Ini adalah alat yang dirancang untuk mengubah dan memodifikasi aplikasi serta game yang diinstal pada perangkat Android.

Dengan Lucky Patcher, pengguna dapat menghapus iklan yang mengganggu, mendapatkan akses premium atau berbayar secara gratis, menghilangkan lisensi verifikasi, mengedit izin aplikasi, dan melakukan banyak modifikasi lainnya.

Berikut adalah beberapa fitur dan keunggulan utama dari Lucky Patcher:

  1. Menghapus iklan: Lucky Patcher dapat memblokir iklan yang muncul di dalam aplikasi dan game. Ini membantu pengguna untuk mengalami penggunaan yang lebih baik tanpa gangguan iklan yang sering kali mengganggu.
  2. Mendapatkan akses premium secara gratis: Dengan menggunakan Lucky Patcher, pengguna dapat membypass pembatasan akses premium pada aplikasi dan game tertentu. Ini berarti pengguna dapat mengakses semua fitur dan konten yang seharusnya memerlukan pembayaran tanpa harus membayar.
  3. Menghilangkan lisensi verifikasi: Beberapa aplikasi memerlukan verifikasi lisensi untuk berfungsi. Lucky Patcher dapat menghapus verifikasi lisensi ini sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi tanpa harus membeli atau memiliki lisensi resmi.
  4. Mengedit izin aplikasi: Aplikasi Lucky Patcher memungkinkan pengguna untuk mengedit izin yang diminta oleh aplikasi tertentu. Ini memberikan pengguna lebih banyak kendali atas privasi dan pengaturan aplikasi yang diinstal.
  5. Membuat modifikasi: Lucky Patcher memungkinkan pengguna untuk membuat modifikasi pada aplikasi dan game. Misalnya, pengguna dapat memodifikasi angka tertentu di dalam game untuk mendapatkan sumber daya tak terbatas seperti uang, koin, atau item lainnya.

5. Xposed Framework

Xposed Framework adalah sebuah kerangka kerja (framework) untuk perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk membuat modifikasi pada sistem operasi Android secara mendalam. Dengan menggunakan Xposed Framework, pengguna dapat mengubah dan memodifikasi berbagai aspek dari sistem operasi tanpa harus melakukan flashing atau memasang custom ROM. Berikut adalah penjelasan mengenai Xposed Framework, cara menggunakannya, fiturnya, dan keunggulannya:

  1. Xposed Framework: Xposed Framework dikembangkan oleh rovo89, seorang pengembang dari XDA Developers, dan dirancang untuk bekerja pada perangkat Android yang telah di-root. Kerangka kerja ini memungkinkan pengguna untuk menginstal modul-modul yang dikembangkan oleh komunitas pengguna, yang dapat mengubah berbagai aspek sistem operasi Android.
  2. Cara Menggunakan Xposed Framework: Untuk menggunakan Xposed Framework, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Root perangkat Android Anda.
    • Unduh dan pasang Xposed Installer APK dari situs resmi Xposed (https://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=3034811).
    • Buka Xposed Installer dan pilih opsi “Install/Update”.
    • Setelah itu, reboot perangkat Anda.
    • Sekarang Anda dapat mengunduh modul-modul yang tersedia dari Xposed Repository atau sumber lainnya, dan mengaktifkannya melalui Xposed Installer.
    • Setelah mengaktifkan modul-modul yang diinginkan, reboot perangkat Anda lagi agar perubahan yang diterapkan oleh modul dapat berlaku.
  3. Fitur-fitur Xposed Framework:
    • Pengubahan Tampilan: Anda dapat mengubah tampilan dan gaya sistem operasi Android, seperti ikon, tema, animasi, dan tata letak.
    • Modifikasi Aplikasi: Anda dapat melakukan modifikasi pada aplikasi tertentu, seperti menghilangkan iklan, menambahkan fitur yang tidak ada, atau mengubah perilaku aplikasi.
    • Kontrol Perilaku: Anda dapat mengontrol dan memodifikasi perilaku sistem operasi Android, seperti mengubah kebijakan izin, memblokir panggilan atau pesan dari nomor tertentu, dan sebagainya.
    • Performa dan Optimalisasi: Xposed Framework juga menyediakan modul-modul yang dapat meningkatkan performa perangkat Android Anda, seperti mengoptimalkan penggunaan baterai, meningkatkan kecepatan, dan mengurangi penggunaan memori.
  4. Keunggulan Xposed Framework:
    • Tidak perlu flashing: Dibandingkan dengan memasang custom ROM, Xposed Framework tidak memerlukan proses flashing yang kompleks. Anda dapat mengubah sistem operasi Android tanpa mengganti ROM.
    • Fleksibilitas: Xposed Framework memberikan fleksibilitas tinggi dalam mengubah dan memodifikasi sistem operasi Android sesuai keinginan pengguna. Modul-modul yang tersedia dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.
    • Kompatibilitas: Xposed Framework kompatibel dengan banyak versi Android dan perangkat yang telah di-root. Hal ini memungkinkan pengguna dari berbagai jenis perangkat untuk menggunakan Xposed Framework.
    • Komunitas Pengembang yang Aktif: Xposed Framework didukung oleh komunitas pengembang yang aktif di XDA Developers. Hal ini berarti bahwa ada banyak modul yang tersedia yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga, yang memberikan beragam fitur dan fungsionalitas tambahan untuk sistem operasi Android.
    • Meningkatkan Pengalaman Pengguna: Dengan Xposed Framework, pengguna dapat mengubah dan memodifikasi sistem operasi Android sesuai dengan preferensi mereka. Fitur-fitur seperti menghilangkan iklan, menyesuaikan tampilan, atau menambahkan fitur tambahan pada aplikasi dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
    • Menciptakan Sistem Operasi yang Unik: Xposed Framework memungkinkan pengguna untuk membuat sistem operasi Android yang unik dan dipersonalisasi sesuai dengan keinginan mereka. Dengan modul-modul yang tersedia, pengguna dapat mengubah hampir setiap aspek sistem operasi, menjadikannya sesuai dengan preferensi pribadi.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Root Android?

Menggunakan aplikasi root android sebenarnya cukup mudah. Namun, sebelum kamu dapat menggunakan aplikasi root android, kamu perlu melakukan root pada smartphone kamu terlebih dahulu.

Setelah smartphone kamu berhasil di-root, kamu bisa menginstal aplikasi root android yang kamu inginkan dan mulai memaksimalkan potensi smartphone kamu.

Apakah Root Android Aman?

Meskipun root android bisa memberikan banyak manfaat, tapi ada beberapa risiko yang perlu kamu ketahui.

Salah satunya adalah risiko keamanan. Dengan membuka sistem operasi pada smartphone kamu, kamu membuka celah bagi hacker untuk mencuri data pribadi kamu. Selain itu, melakukan root juga bisa membuat smartphone kamu lebih rentan terhadap virus dan malware.

Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan root pada smartphone kamu dengan hati-hati dan hanya menggunakan aplikasi root android dari sumber yang terpercaya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan informasi mengenai aplikasi root android dan manfaatnya bagi penggunanya.

Kami juga telah memberikan daftar aplikasi root android yang bisa membantu kamu memaksimalkan potensi smartphone kamu.

Namun, sebelum kamu melakukan root pada smartphone kamu, pastikan kamu sudah memahami risiko dan konsekuensi yang bisa terjadi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

About admin

Check Also

Aplikasi Android Macet

10 Penyebab Aplikasi Android Macet: Mengapa Ini Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya?

Di era digital saat ini, perangkat Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *